Jumat, 30 November 2012

jawaban essay UH3 ekonomi


1. pak amir: penjual= supermarjinal, bu sinta=pembeli supermarjinal
2. preminya pak amir: 6000-4000=2000
preminya bu sinta: 10000-4000=6000
3. * hukum permintaan " apabila harga suatu barang dan jasa menigkat, maka kuantitas yang di minta akan menurun. sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang di minta akan meningkat, ceteris paribus "
contoh : 
  • Selera konsumen
Saat ini, di Indonesia sedang berkembang pesat alat komunikasi yaitu handphone
Blackberry. Kemunculan BB pun memicu persaingan didunia alat komunikasi. Karena harga BB itu sendiri diatas 4 jutaan, sehingga para konsumen banyak yang tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli BB asli jika harga atau penawarannya mencapai 4 jutaan. Akhinya seluruh jenis hp pun berlomba untuk memproduksi handphone bertipe BB dengan harga yang terjangkau dari mulai Rp 299 sampai 4 jutaan. Dari segi fisik seluruh tipe hp yang baru diluncurkan sama persis dengan BB yaitu tipe qwerty. Itulah yang membuat para konsumen merasa seleranya terpenuhi, mereka merasa tidak ketinggalan jaman dengan permintaan tipe hp sejenis BB dengan harga terjangkau.
* hukum penawaran ' apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang di tawarkan juga akan meningkat. sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang di tawarkan juga akan menurun, ceteris paribus. "
contoh : 
hubungan antara harga kain batik dan jumlah pakaian batik yang akan dijual oleh Ibu Nina, maka ia berencana sebagai berikut:
  • bila harga satu kodi pakaian Rp. 450.000 maka ia akan menjual sebanyak 10 kodi
  • bila harga satu kodi pakaian Rp. 500.000 maka ia akan menjual sebanyak 15 kodi
  • bila harga satu kodi pakaian Rp. 600.000 maka ia akan menjual sebanyak 20 kodi
  • bila harga satu kodi pakaian Rp. 650.000 maka ia akan menjual sebanyak 25 kodi
4. Faktor yang mempengaruhi permintaan: -perilaku konsumen,-ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap,-pendapatan konsumen,-perkiraan harga di masa depan,-intensitas kebutuhan konsumen
Faktor yang mempengaruhi penawaran: -biaya produksi dan penawaran,-tujuan perusahaan,-pajak,-pelengkap,-prediksi,
5. Qd=Qs               
Q=210-3p           Q=210-3.0                      Q=-40+2p           Q=-40+2p
0=210-3p            Q=210                            0=-40+2p            Q=-40+2(0)
3p=210               (210,0)                           -2p=-40               Q=-40  
p=210/3                                                    p=-40/-2
p=70                                                         p=20







6. elastisitas;


fungsi penawaran:



4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar