Rabu, 20 Februari 2013

ANDAIKAN AKU BISA MERASAKAN KURIKULUM 2013 – 2014


Pada tahun ajaran baru 2013 – 2014 , indonesia akan menggunakan / menerapkan cara pengajaran dan penerimaan ilmu dengan kurikulum yang baru . dan di tahun ini pun sekolah sekolah akan lebih menitikberatkan siswa pada nilai karakter, nilai kepribadian, budi pekerti atau yang di kenal sebagai ‘ pendidikan karakter yang bermartabat ‘ . mungkin, tujuan sekolah pada tahun ini tidak hanya ingin mendidik siswa siswi nya hanya pada kemampuan aspek kognitif yang cenderung meremehkan nilai dasar perilaku dan karakter tetapi ingin menumbuhkan sifat dan sikap yang baik pada semua siswa / i nya .

Ditahun ajaran baru kurikulum ini banyak hal yang akan berubah, diantara nya proses pembelajaran siswa yang biasa nya ‘ diberitahu ‘ akan menjadi ‘ mencari tahu ‘ , proses penilaian yang biasanya ‘ berbasis output ‘ menjadi ‘ berbasis proses dan output ‘ memerlukan penambahan jam pembelajaran .

Mungkin, Kurikulum lama belum terlalu peka untuk menanggapi permasalahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global .

Di tahun ajaran kurikulum yang baru, pada tingkat SMA proses pembelajaran ‘ penjurusan ‘ akan di ganti dengan proses pembelajaran ‘ peminatan ‘ . jadi, para siswa akan memilih pelajaran sesuai dengan minatnya di bidang IPA maupun IPS .

Menurut saya, kurikulum tahun pembelajaran baru ini akan lebih efektif untuk memajukan pendidikan indonesia di tingkat dunia . karena pada pendidikan ini tergambar bahwa indonesia akan lebih menjuruskan para siswa untuk fokus ke bidang apa yang di minatkan oleh masing – masing siswa nya.

Di tahun ini juga , siswa akan mendapatkan keringanan karena guru tidak akan memberikan pr / pekerjaan rumah . sehingga jam belajar siswa akan lebih banyak .

Indonesia banyak belajar dari cara pembelajaran yang di terapkan oleh banyak banyak negara maju . karena mungkin yang membuat indonesia berlarut larut dalam menjadi negara berkembang karena pada saat siswa/i belajar pada tingkat SD sampai SMA siswa/i terlalu banyak mempelajari pelajaran yang tidak memfokuskan siswa/i tersebut untuk fokus pada satu titik dengan apa yang di inginkan nya .

“ JIKA SAYA BISA MERASAKAN KURIKULUM TAHUN AJARAN BARU 2013 – 2014 DI INDONESIA ......... “

Saya akan merasa lebih santai dan tidak terbebani untuk menjalankan tugas / kewajiban seorang anak yaitu belajar . karena lebih banyak waktu untuk belajar / dapat memahami pelajaran yang sudah di pelajari disekolah / mengulang kembali .

Di tahun ini juga saya akan lebih benar benar mempertimbangkan pelajaran pelajaran yang benar benar saya minati untuk lebih fokus ke arah pelajaran pelajaran tersebut .

karena pada sistem pembelajaran ini, indonesia sudah mulai mengerti dan menyadari kelemahan warga negara nya, yaitu mengadakan kewajiban untuk mempelajari semua pelajaran yang belum tentu menjadi penyemangat siswa untuk belajar melainkan membuat siswa bermalas malasan untuk belajar karena dia harus tetap mempelajari kelemahan dia .

ditahun ini juga saya akan lebih beruntung, karena jika SMA sudah mulai menerapkan sistem ‘ peminatan ‘ setelah lulus nanti, di kuliahnya saya tidak perlu mempelajari lagi dari awal apa yang harus saya pelajari di jurusan yang saya ambil di perkuliahan nantinya . karena saya hanya perlu mengulang dan mempelajari sesuatu yang baru dari jurusan tersebut .

harapan saya untuk indonesia, semoga di tahun tahun selanjutnya indonesia dapat mengambil keputusan keputusan yang memajukan warga negara nya untuk tidak selalu berfikiran terlambat . dengan beberapa usaha besar, salah satu nya pergantian kurikulum cara pembelajaran baru juga dapat menimbulkan hal yang sangat besar bagi indonesia, karena indonesia secara perlahan akan mudah menempati / menjadi peringkat negara maju karena telah membiasakan melakukan kegiatan kegiatan yang dilakukan negara maju untuk tetap ada di tingkat negara maju walaupun banyak terdapat saingan dengan negara negara maju lain nya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar