Pada
tahun ajaran baru 2013 – 2014 , indonesia akan menggunakan / menerapkan cara
pengajaran dan penerimaan ilmu dengan kurikulum yang baru . dan di tahun ini
pun sekolah sekolah akan lebih menitikberatkan siswa pada nilai karakter, nilai
kepribadian, budi pekerti atau yang di kenal sebagai ‘ pendidikan karakter yang
bermartabat ‘ . mungkin, tujuan sekolah pada tahun ini tidak hanya ingin
mendidik siswa siswi nya hanya pada kemampuan aspek kognitif yang cenderung
meremehkan nilai dasar perilaku dan karakter tetapi ingin menumbuhkan sifat dan
sikap yang baik pada semua siswa / i nya .
Ditahun
ajaran baru kurikulum ini banyak hal yang akan berubah, diantara nya proses
pembelajaran siswa yang biasa nya ‘ diberitahu ‘ akan menjadi ‘ mencari tahu ‘
, proses penilaian yang biasanya ‘ berbasis output ‘ menjadi ‘ berbasis proses
dan output ‘ memerlukan penambahan jam pembelajaran .
Mungkin,
Kurikulum lama belum terlalu peka untuk menanggapi permasalahan sosial yang
terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global .
Di
tahun ajaran kurikulum yang baru, pada tingkat SMA proses pembelajaran ‘
penjurusan ‘ akan di ganti dengan proses pembelajaran ‘ peminatan ‘ . jadi,
para siswa akan memilih pelajaran sesuai dengan minatnya di bidang IPA maupun
IPS .
Menurut
saya, kurikulum tahun pembelajaran baru ini akan lebih efektif untuk memajukan
pendidikan indonesia di tingkat dunia . karena pada pendidikan ini tergambar
bahwa indonesia akan lebih menjuruskan para siswa untuk fokus ke bidang apa
yang di minatkan oleh masing – masing siswa nya.
Di
tahun ini juga , siswa akan mendapatkan keringanan karena guru tidak akan
memberikan pr / pekerjaan rumah . sehingga jam belajar siswa akan lebih banyak
.
Indonesia
banyak belajar dari cara pembelajaran yang di terapkan oleh banyak banyak
negara maju . karena mungkin yang membuat indonesia berlarut larut dalam menjadi
negara berkembang karena pada saat siswa/i belajar pada tingkat SD sampai SMA
siswa/i terlalu banyak mempelajari pelajaran yang tidak memfokuskan siswa/i
tersebut untuk fokus pada satu titik dengan apa yang di inginkan nya .
“
JIKA SAYA BISA MERASAKAN KURIKULUM TAHUN AJARAN BARU 2013 – 2014 DI INDONESIA
......... “
Saya
akan merasa lebih santai dan tidak terbebani untuk menjalankan tugas /
kewajiban seorang anak yaitu belajar . karena lebih banyak waktu untuk belajar
/ dapat memahami pelajaran yang sudah di pelajari disekolah / mengulang kembali
.
Di
tahun ini juga saya akan lebih benar benar mempertimbangkan pelajaran pelajaran
yang benar benar saya minati untuk lebih fokus ke arah pelajaran pelajaran
tersebut .
karena
pada sistem pembelajaran ini, indonesia sudah mulai mengerti dan menyadari
kelemahan warga negara nya, yaitu mengadakan kewajiban untuk mempelajari semua
pelajaran yang belum tentu menjadi penyemangat siswa untuk belajar melainkan
membuat siswa bermalas malasan untuk belajar karena dia harus tetap mempelajari
kelemahan dia .
ditahun
ini juga saya akan lebih beruntung, karena jika SMA sudah mulai menerapkan
sistem ‘ peminatan ‘ setelah lulus nanti, di kuliahnya saya tidak perlu
mempelajari lagi dari awal apa yang harus saya pelajari di jurusan yang saya
ambil di perkuliahan nantinya . karena saya hanya perlu mengulang dan
mempelajari sesuatu yang baru dari jurusan tersebut .
harapan
saya untuk indonesia, semoga di tahun tahun selanjutnya indonesia dapat
mengambil keputusan keputusan yang memajukan warga negara nya untuk tidak
selalu berfikiran terlambat . dengan beberapa usaha besar, salah satu nya
pergantian kurikulum cara pembelajaran baru juga dapat menimbulkan hal yang
sangat besar bagi indonesia, karena indonesia secara perlahan akan mudah
menempati / menjadi peringkat negara maju karena telah membiasakan melakukan
kegiatan kegiatan yang dilakukan negara maju untuk tetap ada di tingkat negara
maju walaupun banyak terdapat saingan dengan negara negara maju lain nya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar