Selasa, 15 Januari 2013

pahlawan tanpa tanda jasa


Guru. di sekolah guru adalah peranan paling penting bagi semua murid nya . bisa di bilang, guru itu orang tua nya semua murid kalau di sekolah . kalau disuruh milih satu dari sekian banyak guru untuk dijadiin favorit, sebenernya susah, tapi pasti ada . karena mereka berbeda .
SD
SD itu masa dimana anak anak butuh perhatian penuh dari semua orang . di sd guru favorit aku, nama nya bu leni , pa david, pa abu, dan alm. Pa syahroni . bu leni dan pa david adalah wali kelas aku pas aku masih kelas 1 sd . karena waktu itu aku masih kelas 1 sd, jadi belajar nya santai . bu leni dan pa david itu bersahabat . tapi engga lama kemudian pa david ngundurin diri dari sekolah . jadi wali kelas aku, tinggal bu leni . tapi, pa david masih sering main ke sekolah . sedangkan sampe sekarang bu leni masih ngajar di sd . guru favorit aku selanjutnya , nama nya pa abu . pa abu adalah salah satu guru sekaligus motivator semua anak murid yang di ajar nya untuk terus maju dan pantang menyerah untuk mencapai apa yang kita mau . beliau mengajar mata pelajaran olahraga . guru olahraga di sd al muslim pada saat itu, sering banget berganti ganti . hanya beliau yang paling lama mengajar olahraga di sd . dari kaka aku masuk sd, sampe aku kelas 5 sd. Beliau orang yang sabar, rajin shalat, lucu, engga pernah ngeluh, selalu mengajar semua murid nya dengan santai tapi harus tetep serius . yang terakhir, alm. Pa syahroni . beliau biasa di panggil pa roni . pa roni mengajar mata pelajaran agama dan excul seni baca al – qur’an . pa roni meninggal pas aku kelas 6 . pa roni itu pribadi nya hampir mirip sama pa abu . beliau orang yang meninggalkan banyak kenangan untuk semua murid nya .pada saat itu, kami semua berbaris di lapangan bawah sd, untuk diberi tahu kabar bahwa pa syahroni telah meninggal dunia . setelah nya, semua pada menangis dan mungkin masih belum percaya. Sedangkan pada saat itu, hanya guru guru dan beberapa perwakilan anak yang melayat ke rumah alm. Pa syahroni .
SMP
SMP itu sebenernya bisa di bilang masa masa yang engga akan pernah bisa di lupain . karena, di smp ini kita ada di posisi tengah . di posisi dimana kita masih anak kecil yang berproses untuk menjadi lebih dewasa .
Guru favorit aku di smp itu bu adel, bu ipu, bu iis, pa didi, dan pa huda .


bu adel itu wali kelas aku pas kelas 1 smp . setiap fresh morning sebelum pelajaran, biasanya kita baca qur’an bareng, dan membaca artinya . setelah nya beliau selalu ngasih pesan pesan untuk kita . kalo udah bercanda sama bu adel itu, engga inget waktu saking seru nya . beliau selalu ngasih tau apa yang engga aku tau di bidang osis, karena kebetulan pada saat itu beliau yang menjadi pemimpin osis nya .

yang ke dua, bu ipu . bu ipu itu adalah wali kelas aku pas aku kelas 2 smp . bu ipu itu orang nya lucu, suka bercanda, narsis, dan lebay . bercanda sama bu ipu itu, udah kaya bercanda sama temen seangkatan . bu ipu itu suka banget di foto dan gaya nya selalu lain daripada yang lain . seru nya sama bu ipu itu , karena bu ipu lebay . jadi suka ketawa ketawa aja, kalo udah ngeliat bu ipu lebay .
-     
Bu iis yang paling kiri dan yang paling depan –
yang ketiga, bu iis. Bu iis itu adalah wali kelas aku pas aku kelas 3 smp . bu iis itu orang nya baik dan pengertian banget sama anak anak muridnya . bu iis itu selalu sabar kalo ngajar kita . enak nya sama bu iis itu, sering ngadain praktek praktek yang seru seru . jadi engga kerasa kaya praktek .



yang keempat , pa didi . pa didi itu guru kesenian dan ekonomi . tapi aku lebih suka kalo pa didi ngajar kesenian . karena belajar sama pa didi itu santai dan sambil bercanda canda . dan pa didi itu banyak ngajarin sesuatu yang mikir nya pake logika . pa didi itu humoris, kreatif, dan  narsis. belajar sama pa didi itu banyak nyanyi nyanyi nya, jadi seru . pa didi itu bukan guru yang jaim di depan guru lain . waktu pas pa didi di supervisi di kelas aku, pa didi itu ngajar nya tetep santai, bercanda, dan bikin kuis .

pa didi itu paling lebay kalo udah ketemu sama bu ipu .
 

yang terakhir, pa huda . pa huda itu orang nya sangat tegas, terutama tentang agama . beliau selalu engga pernah cape untuk ngasih hukuman ke anak anak yang ngelanggar peraturan . pa huda itu kalo di ajak bercanda enak . pa huda itu kalo pake celana selalu cingkrang . paling engga bisa nahan ketawa kalo udah ngeliat pa huda bercanda sama pa yono pake bahasa jawa . pa huda itu sebener nya orang yang paling baik, karena selalu nasehatin semua orang yang salah . tapi mungkin, orang yang salah itu engga mau di anggep salah, jadi nilai pa huda galak atau sebagai nya .
SMA
SMA itu masa dimana kita harus bisa jadi lebih dewasa dari yang sebelum sebelum nya . awal masuk sma itu , awal yang paling bikin kaget . karena kita pasti ngerasa, cara pembimbingan guru ke kita itu paling beda dari tk sampe sma . karena di sma, kita harus bisa belajar lebih, dalam segala hal .
Guru favorit di sma itu bu nia . bu nia itu orang nya paling sabar, paling enak cara pengajarannya, paling sering belajar sambil sharing, paling santai kalo lagi belajar dan paling bisa ngertiin kita, kalo sekarang ini mungkin kita masih kaget untuk nerima peraturan – peraturan dan nilai nilai pelajar yang tinggi di sma . bu nia itu kalo cerita, selalu cerita masa lalu nya yang nantinya kita harus bisa jadiin cerita bu nia itu pelajaran untuk kita semua .bu nia itu salah satu guru yang selalu engga pernah menganggap diri nya sempurna, tapi selalu berusaha untuk jadi atau mendekati sempurna .

Buat aku, semua guru itu sebenernya udah jadi favorit, karena udah bisa sabar untuk ngajar aku yang selalu banyak nanya, banyak bercanda, dan banyak bikin salah . untuk maparin apa arti guru itu engga akan pernah bisa selesai , karena, apa yang mereka udah kasih ke kita juga, sampai kapanpun engga akan pernah selesai cuma saat mereka ngasih itu ke kita .

J Terima kasih untuk semua guru J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar